Teknik Pencarian Informasi dengan Search Engine

Teknik Pencarian Informasi dengan Search Engine

Semakin banyaknya situs yang ada dibelantar internet, tentu sedikit banyak membuat kita (bingung memilih atau menentukan, situ mana yang paling sesuai penyampaian informasinya.
Meski sekarang kita sudah dibantu dengan mesin pencari, tapi tetap aja butuh sedikit teknik agar pencar-an kita bisa tepat sasaran.
Mungkin kita telah mengenal eberapa search engine tapi ada eberapa search engine top seperti Google, Yahoo!, Windows Live, atau sk. Keempat search engine itu yang sling banyak digunakan untuk pen-arian oleh user internet dunia. Sekarang bagaimana kita emanfaatkan bagaimana mencari formasi di internet dengan menggu-ikan search engine, agar kita tidak rjebak dengan hasil pencarian ing kurang fokus. Mungkin yang iling friendly adalah menggunakan lah satu search engine besar yaitu xjgle.
Ada beberapa teknik untuk meggunakan search engine yaitu dengan menggunakan karakter seperti +, -, dan “. Bagi pemula penambahan karakter ini memang belum banyak diketahui, atau bahkan banyak yang belum tahu mengenai karakter tersebut.

KARAKTER MATEMATIKA
Tanda (+)
Bila Anda ingin mencari artikel yg didalamnya terkandung kata sejarah dan Indonesia. Anda dapat ngetikkan kata di search engine Sbb: +sejarah +indonenesia, jika terdapat artikel yang memu-
at salah satu kata terse¬but diatas tidak akan ditampilkan melainkan hanya artikel yang memuat dua kata terse¬but yang di tampilkan.
Tanda (+) dibaca oleh search engine sebagai DAN. Penggunaan tanda + ini bisa digunakan secara bersamaan dalam satu pencarian.

Tanda (-)
Digunakan bila ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata yang kita can’. Ketik di search engine : +sejarah +dunia -Indonesia. Maka mesin pencari tersebut akan mencari di
Internet artikel yan mengandung kata sejarah dunia Indonesia tetapi tidak ter¬dapat kata Indonesia. Tanda (-) dibaca oleh search engine seba¬gai KECUALI.

Tanda (“)
lngin mencari artikel di internet yang didalamnya terdap¬at kata yang kita inginkan, misal-nya ingin mencari sejarah Indonesia, dan kata tersebut tidak dipisah kan oleh kata-kata yang lain. Ketik di search engine : “sejarah Indonesia” maka search engine yang bersangkutan akan
mencari kata sejarah Indonesia yang katanya tidak dipisah kan oleh kata-kata lain. Apabila ada artikel yang mengandung kata sejarah indonesia yang katanya dipisah kan oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak dita¬mpilkan oleh search engine yang bersangkutan. Selanjutnya Anda bisa juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh berikut ini: +sejarah +”kemerdekaan indonesia” -lampau. Maka search engine akan mencari artikel di inter¬net yang terdapat kata sejarah kemerdekaan indonesia lampau. Kata kemerdekaan Indonesia tidak akan dipisah kan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan artikel terse¬but bila terdapat kata lampau.

Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk memisah kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akan dibaca ATAU. contoh Ketik di search engine : kemerdekaan Indonesia. Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata kemerdekaan atau Indonesia, atau yang mengandung kata kedua-dua nya.

Pencarian informasi dapat juga dengan menggunakan kata Host, Contoh:
# Bila ingin mencari website komputekonline.net maka saya dapat mengetikkan di search engine
host: komputekonline.net.
# Bila ingin mencari kata manga di website komputekonline.net maka saya dapat mengetikkan kata : manga host: komputekonline.net atau host: komputekonline.net php.

Mencari Informasi Berdasarkan Type File
Ada sebagian orang mencari informasi berdasrkan type file.
Contoh: Bila ingin mencari artikel tentang komputer dan kamera dan artikel tersebut harus dalam
format pdf. Dan Anda dapat mengetikkan di search engine :
+komputer +kamera filetype: pdf dan search engine akan menampilkan artikel tentang komput¬er dan kamera dengan format pdf
contoh lain :
Saat ingin mencari artikel tentang komputer dan kamera didalam web¬site yang sufiksnya .net artikel terse¬but harus file bertype pdf maka saya dapat mengetikkan di search engine +komputer +kamera:pdf host net

Mencari Informasi BERDASARKAN JUDUL SITUS
Anda juga dapat mencari situs web berdasarkan judulnya .Contoh :Ketik di search engine title:komputer. Maka search engine akan menampilkan SITUS yang mengandung judul komputer. Sedangkan pada search engine yahoo tidak mengenal kata TITLE tetapi hanya disingkat T.

Mencari Informasi berdasarkan URL
Pencarian dengan cara ini akan menampilkan URL yang diminta. Contoh :inurl:komputer. Maka semua search akan menampilkan semua URL yang ada kata komputer-nya seperti http://www.komptekonline.net.
Contoh lainnya: komputer inurl: komputekonline.net maka search engine akan menampilkan seluruh artikel yang mengandung kata komputer pada subdomain komputekonline.net, dan pada google juga men¬genal kata allinurl tetapi pencarian ini hanya terbatas pada subdirectory.
Sedangkan sampai ke level file atau dengan kata lain inurl lebih dalam pencariannya tidah hanya ter¬batas pada subdirectory, dan yang perlu di ingat Tidak semua search engine mengenal karakter matematika dan Bolean.
Untuk lebih mengenal karakter search engine tersebut, maka beberapa base search engine yang beredar.
• Mesin pencari berbasis Google : AOL Search, CompuServe Search, Mahalo.com, MySpace Search, Netscape, Ripple
• Mesin pencari berbasis Yahoo! : AltaVista, AlltheWeb, GoodSearch, Rectifi
• Mesin pencari berbasis Windows Live : A9.com, Ms. Dewey, Tafiti
• Mesin-pencari berbasis Ask.com : iWon, Lycos .

  1. Bagus juga infonya.
    Salam kenal

    • leonardo
    • Maret 10th, 2009
  2. bagus mas infonya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: