Klaim INADRG

Mulai 1 Januari 2009 ini, Depkes telah membuat kebijakan untuk menerapkan pola pembayaran klaim pasien jamkesmas melalui sistem pembayaran INADRG.inadrg_closeinadrg_sosialisasi

Mulai 1 Januari 2009 ini, Depkes telah membuat kebijakan untuk menerapkan pola pembayaran klaim pasien jamkesmas melalui sistem pembayaran INADRG.

InaDRG adalah Sistem pembayaran pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan mutu, pemerataan dan jangkauan dalam pelayanan kesehatan yang menjadi salah satu unsur pembiayaan pasien berbasis kasus campuran; INADRG mengklasifikasikan setiap tahapan pelayanan kesehatan sejenis kedalam kelompok yang mempunyai arti relatif sama. Setiap pasien yang dirawat di sebuah RS diklasifikasikan ke dalam kelompok yang sejenis dengan gejala klinis yang sama serta biaya perawatan yang relatif sama.

Salah satu unsur utama dalam sistem ini adalah peran dari masing-masing anggota tim INADRG ini yang saling berkaitan. Dokter harus menuliskan diagnosa dan tindakan yang dilakukan menurut standar ICD X dan ICD IX. Hasil diagnosa ini kemudian di beri kode INADRG (coding), selanjutnya hasil coding ini di entri untuk digrouping sehingga menghasilkan ‘rupiah’. Bila dokter tidak menuliskan diagnosa menurut ICD X atau Tindakan menurut ICD IX maka tida ada proses coding. Akhirnya juga tidak ada hasil akhir “rupiah”.

inadrg_event-white-rose

inadrg_event-white-rose

Setelah digrouping file yang telah dientri tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas pengaju klaim. Disini data yang telah di grouping dilengkapi kembali seperti seperti nama pasien, nama dokter, no. kartu, no. jaminan, dan lain-lain yang belum lengkap. Setelah semua terisi baru berkas tersebut diserahkan ke bagian verifikator independen.

Untuk bisa membuat berkas klaim telah dibuat software sederhana dalam bentuk file berektensi .xls. adapun langkah-langkah dalam membuka dan memanfaatkan software tersebut adalah sebagai berikut :

Cara buka file klaim :
1. Buka ‘pelayanan import’ di pelayanan RS, pilihan selanjutnya klik enable macros
2. Setelah terbuka tekan Ctrl + Shift + Q
3. Tentukan Tgl, Bln, Thn sesuai file kiriman petugas casemix/coder
4. Browse I: file yang dikirim petugas casemix
5. Isi Nama RS (cari, setelah ada sorot sampe muncul alamat dibawah)—tekan lanjut.
6. Isi nama petugas klaim, nama direktur RS.
7. Browse II: Lokasi template (folder pelayanan RS)
8. Browse III: Lokasi penyimpanan file keluaran. Sebelumnya isi nama file dgn ekstensi xls misal: klaim_011008.xls
9. tekan Open
10. Kembali ke import data : klik Lanjut
11. Selesai
12. Mau lihat hasilnya : buka dimana file klaim_011008.xls tadi disimpan
13. Isi yang belum lengkap
14. Setelah diisi lengkap file selanjutnya diserahkan ke verifikator independent

Catatan :
Pada klaim rawat inap (Form 2A) kolom 15, bila hasil kode INADRG di kolom 14 kategori 1 dan 2 maka kolom 15 dikosongkan. Tapi bila dikolom 14 kategori 3 maka dikolom 15 baru diisi ada atau tidak ada pengesahan komite medik.

Beberapa pandangan umum : Kalau yang saverity level 3 biasanya LOS > 7 hari.

Saverity level bisa terlihat dari angka terakhir di kode INA DRG kolom 14. bila angka terkahir 0 berarti rawat jalan. Tapi bila angka terakhir 1, 2 atau 3 berarti rawat inap.

Cara Buka File untuk Verivikator Independen

1. Buka file vi
2. Ctrl+Shift+M
3. Browse :

I. File yang dikirim oleh petugas klain RS

II. Template INADRG di VI

III. DBINST

IV. Nama file (tentukan dulu lokasinya)

inadrg_finishinadrg_finish

INADRG

INADRG

    • Luthfi
    • Mei 8th, 2009

    Saya dari RS Swasta Tangerang, saya telah melakukan langkah-langkah diatas, tetapi file hasil datanya kosong cuma ada
    Tanggal Pelayanan
    Nama RS
    Kode RS
    Kelas RS
    Contact Person Petugas RS
    Jumlah pasien
    Nama Direktur RS
    mungkin anda bisa membantu, atau mungkin ada langkah kami
    yang terlewat atau salah.. mohon bantuannya.. terimakasih

    • Sebelumnya pernah klaim dgn sofware jamkesmas ? Jd kita harus buat dulu file kosong semua tanggal (Tgl 1-31) ambil file coder sesuai tanggal yang kita buat. kalau masih binggung boleh kontak saya di 085239777200

    • Melva
    • September 16th, 2013

    kami dari Rs. KARTIKA HUSADA. kami ingi menginport data dari coder cuma kendala di pencarian nama RSnya tidak ditemukan nama RS tersebut tolong dipandu.

    terima kasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: