Paradigma Baru Bisnis Global

Untuk menghadapi lingkungan bisnis yang berubah maka diperlukan suatu paradigma baru. Saat ini, paradigm baru yang sedang berkembang dalam menajemen untuk menghadapi persaingan global adalah customer value strategy, continous improvement, organizational system. Customer value strategy berpandangan bahwa satu-satunya alasan keberadaan bisnis perusahaan adalah customer. Oleh karena itu untuk mempertahankan keberadaan dan pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang, perusahaan harus mampu memproduksi produk dan jasa yang menghasilkan value terbaik bagi customer. Untuk mewujudkan paradigm customer value maka perlu ditanamkan personal value yang cocok. Personal value yang cocok untuk paradigma ini adalah integritas, kerendahan hati dan kesediaan untuk melayani.

Continous improvement berpandangan bahwa perusahaan hanya akan mampu bertahan dan bertumbuh dalam jangka panjang jika mampu secara berkelanjutan melakukan improvement terhadap system dan proses yang digunakan untuk menghasilkan value bagi customer. Personal value yang cocok untuk paradigm ini adalah kejujuran, kerendahan hati, kerja keras, kesabaran, keterbukaan dan keberanian.

Sedangkan organizational system berpandangan bhwa untuk mampu bertahan dan bertumbuh di lingkungan bisnis global, system organisasi global harus didesain sedemikian rupa sehingga berorientasi untuk memuaskan kebutuhan customer dan untuk memungkinkan dilaksanakannya improvement berkelanjutan terhadap system dan proses yang digunakan untuk menghasilkan value bagi customer. Desain yang memenuhi tujuan tersebut adalah pemberdayaan karyawan (employee empowerment) dan pendekatan lintas fungsional (cross-functional approach).

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: