Symbian Jadi 100% Open Source

San Fransisco – Platform perangkat genggam yang digawangi Nokia, Symbian, siap mengusung model open source seluruhnya. Dengan demikian, para vendor bakal lebih bebas berkreasi membuat perangkat besutannya..

HP OS Symbian

Platform Symbian 3, termasuk di antaranya aplikasi, middleware dan sistem kernelnya, akan ditawarkan di bawah lisensi Eclipse Public dan lisensi open source lainnya.

“Anda bisa mengunduh dan memodifikasinya,” ujar Larry Berkin, Head of Global Alliances Symbian Foundation, dikutip detikINET dari Info World, Jumat (5/2/2010).

Nantinya, lanjut Berkin, para vendor ponsel bisa memodifikasi source code tersebut dan mengembangkan perangkat beragam. “User akan melihat, beragam perangkat berbasis Symbian mulai dari jajaran smartphone hingga kamera dan perangkat gaming,” tukasnya.

Saat ini, diperkirakan sudah ada sekitar 330 juta unit perangkat yang mengusung Symbian dengan 5 perusahaan menjadi manufaktur utama, yakni Nokia, Samsung, Sony Ericsson, Fujitsu dan Sharp.

Langkah Symbian ini terbilang strategis untuk memperkuat pasar mereka. Terlebih persaingan di pasar sistem operasi perangkat genggam kian sengit, dengan agresifitas Android besutan Google yang menjadi-jadi.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: