Deteksi Kualitas Sperma Hanya dalam 12 Detik

Sperma, Uji Kualitas

Enschede, Pernahkah merasa penasaran dengan kualitas sperma yang Anda miliki? Berapa jumlahnya, apakah masih bagus atau tidak dan sebagainya? Kini, peneliti menemukan uji cepat untuk mengetahui kualitas sperma hanya dalam waktu 12 detik. Hebatnya lagi, tes ini bisa dilakukan di rumah.

Loes Segerink dan rekannya dari the MESA+ Institute for Nanotechnology at the University of Twente, Enschede, Belanda adalah peneliti yang mengembangkan tes tersebut. Mereka membuat sebuah microfluidic chip berukuran 10 cm yang bisa mendeteksi kesuburan pria melalui spermanya.

Banyak pria yang ingin menguji kualitas spermanya tapi malas atau malu pergi ke dokter. Atas dasar itulah peneliti menciptakan alat tersebut. “Dengan sistem yang berhasil kami ciptakan, masalah itu bisa diatasi,” ujar Segerink seperti dikutip dari Newscientist, Rabu (10/2/2010).

Chip tersebut bekerja dengan cara menghitung sel-sel sperma yang mengalami kerusakan melalui sebuah elektroda. Dari situ bisa diketahui berapa jumlah sperma yang masih berfungsi atau tidak.

Umumnya pria yang melakukan tes sperma ke dokter butuh waktu sekitar satu jam untuk dianalisis. Tapi dengan chip buatan peneliti Belanda tersebut, Anda bisa menghemat waktu hingga 48 detik.

“Chip ini hanya membutuhkan waktu 12 detik dengan tingkat eror yang tidak jauh berbeda dengan perhitungan sperma pada umumnya. Chip ini diproduksi untuk bisa diterapkan di rumah daripada di rumah sakit,” tutur Segerink.

Namun menurut Michael Dunn, peneliti dari University of Oxford, dibalik keunggulan chip tersebut terdapat potensi yang membahayakan. “Jika pasien tidak didampingi pakarnya saat melakukan tes, bisa terjadi kesalahan interpretasi dan informasi tentang kesuburan sperma mereka,” kata Dunn.

“Bahkan jika sebuah teknologi sudah siap dipasarkan, kemampuan manusia dalam memakai teknologi itu patut dipertimbangkan,” tambahnya.

Menurut WHO, jumlah sperma yang normal adalah sekitar 10-20 juta per milliliter atau sekitar 2-6 mililiter. Ciri-ciri sperma sehat antara lain jumlahnya di atas 10 juta permililiter, gerakannya cepat dan lurus, bentuknya relatif normal, kemampuan hidupnya baik, tidak ada bakteri dan leukospermia yang banyak.

Untuk menguji kualitas sperma, ada berbagai macam pemeriksaan laboratorium yang bisa dilakukan antara lain :

  1. Uji Semen (air mani) lengkap, yakni langkah minimal untuk menilai kategori kesuburan pria dan fungsi buah zakar.
  2. Uji Fungsi Spermatozoa, untuk mengetahui kemampuan hidup sperma dan keutuhan membran sperma.
  3. Uji Pasca Senggama, yaitu uji yang berkaitan dengan transpotasi sperma setelah bersenggama.
  4. Uji Mikrobiologi dan Virologi, yaitu analisa terhadap air mani dengan cara kultur dan uji resistensi kuman terhadap antibiotik.
  5. Uji Immunologi, yaiu menilai adanya antibodi di dalam air mani terhadap sperma sendiri atau adanya antibodi serum darah istri.

Sumber : detik.com

    • hikmah aswita putri
    • Februari 25th, 2010

    pemeriksaan sperma biasanya mahal ngga???
    kira- kira di puskesmas bisa ngga ??

    • kalo peralatannya dijaman otonomi ini bisa saja ada. masalahnya SDM nya bisa gak ya? trus segi ekonomisnya gmn ?

  1. klo dibeli alatnya brapa duit yah..?

    • wah…..berapa ya….maaf…sy kok kurang tau ya…..

    • lana
    • Februari 5th, 2012

    di pasarkan nya kapan , harganya berapa

    • Di kota-kota besar dan RS/klinik Besar pasti sudah ada. Harga? Maaf, aku gak tau. Langsung saja ke sana.

    • Fredi Larosa
    • Juli 2nd, 2012

    pemerisaan Sp biasanya itu relatif tergantung lab sekitar 75 rb,dan di puskesmas bias diperiksa.klo beli alat nya tergantung merk mikroskopnya.nah,skr gmn cara pengobatan pasien yg jumlahnya Nol ???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: