Cara Instal dan Klaim dengan INADRG 1.6

Untuk cara Instal maupun cara klaim dengan INADRG 1.6 sudah dijelaskan pada materi pelatihan INADRG 1.6 (dalam

Inadrg 1.6

CD). Namun, pada pelatihan peningkatan tentang tata cara pengistalan maupun klaim yang dipandu oleh Tim depkes kemarin terdapat beberapa catatan yang mungkin bermanfaat pada saat menginstal maupun membuat faile pengajuan klaim. Adapaun catatan tersebut sebagai berikut :

Folder Software ina drg 1.6

  1. Untuk mengetahui sudah ada atau tidak groupernya liat 3Mhis di drive C. Kalau sudah ada tidak usah di install lagi paket groupernya.
  2. Tapi kalo belum ada maka install dulu paket groupernya dengan cara : …..up date pacgkage …network SP 2——–setupCGS ina 1.2 .0.70>next>next>install> close>finish.
  3. Lalu Instal Xampp dengan cara : double klik pada icon xampp : xampp-win32-1.7.1-installer>next>next>install>finish>yes>muncul box>close/exit/tanda silang.
  4. Intall software 1.6 : (Catatan à sebelum install software 1.6 xamppnya harus tidak aktif alias di close) Doble klik Setup(2) Software INADRG 1.6 Instaler>next>next>install>finish> biarkan restart.
  5. Instal juga web browser : Firefox

Tampilan Awal Software InaDRG 1.6

Untuk mulai menggunakan software INADRG 1.6 langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Aktifkan dulu Xampnya. Terus start apache >unblock terus start mysql>unblock (sehingga yang running hanya dua itu)

    Tampilan Xampp saat membuka mozila firefox

  2. Buka firefox (Kalo firefox statusnya online non aktifkan dengan klik : file>hilangkan centang pada tulisan work offline)
  3. Ketik web :   localhost/inadrg-1.6    di tempat penulisan url. Terus enter keluar login  yang isi ID dan Password. Masukkan ID=grouper dan Password: grouper

“Kalo bermasalah coba chek xampp nya trus klik adminnya dan hanya boleh satu MySql saja. Kalo ada dua program yang pake uninstall yang satu. Masalah sama kayak ina drg 1.5 untuk crystall report dan transtool”

  1. Entry kode RS dengan ganti kode otomatis keluar data-data >simpan
  2. Grouper>entri no MR>isi data data>simpan
  3. Klik klaim grouping akan muncul data klaim>entry semua data>simpan
  4. ENTRI DIAGNOSA>entri tindakan> kalo dah pasti semua data data telah terisi baru klik Drg grouper >kalo kode INA DRG nya level 3 klik security level 3 terus simpan lagi terus DRG grouper lagi.>final
  5. Kalo mau cari pasien atau entry baru klik PILIH PASIEN di pojok kanan atas.
  6. KLIK LAPORAN : PILAH DATA DATA APA YANG DI INGINKAN UTK DILAPORKAN. NAMA FILE SIMPAN : KODE RS+TANGGALBLNTAHUN1 TANGGALBULANTAHUN2
  7. KALO SUDAH TERLANJUR DI FINAL TAPI DATANYA TIDAK MAU DIKIRIN DI EDIT FINAL DI POJOK KANAN BAWAH TERUS MUNCUL BOX EDIT FINAL DAN OK.
  8. File yang sudah jadi selanjutnya di ‘rekap txt’. File inilah yang kemudian menjadi file pembuatan file seperti di INDRG 1.5.
  9. Buka file : pengajuan, Ctrl+Shift+Q, isi tanggal dan file dari coder dalam bentuk .txt. isi kolom isian selanjutnya seperti 2009.
  10. Setelah jadi, file yang berformat excel tersebut di dipilih/chek ada tidaknya file yang pasti akan ditolak oleh verifikator independen (vi). Setelah ditemukan tunjuk, Ctrl+Shift+M (baris pasien tersebut jadi berwarna merah). Lalu lanjutkan dengan : Ctrl+Shift+S  maka keluar  browse ‘pelayanan template’ dan lokasi file koreksi.
  11. File yang sudah dikoreksi itulah selanjutnya yang diserahkan ke vi. Jadi, yang diserahkan ke vi meliputi : Form A, Form A digital, Text file hasil pemilahan, Text file sofware dari inadrg serta Berkas pendukung.

Catatan :

Untuk informasi lebih lanjut hubungi tim casemix depkes (Pak Kiki di rizkyahmad@gmail.com atau  di facebook : sirsdancasemix)

Untuk administrasi klaim : pak Yulianto (s_yulianto@yahoo.com)

Special Thanks to : Desy Dame Uly (RSUD Umbu Rara Meha Waingapu)

Peserta pelatihan INADRG 1.6 Denpasar

    • zulham efendi
    • Maret 19th, 2010

    to, it inadrg 1.6

    dengan hormat,

    pak saya mo tanya, untuk inadrg 1.6 apakah harus setting bde, odbc, dan admnisrasi tool juga ya….sebelum tahap penginstalan, dan disitu ada afasilitas bakup data, mohon info direktori hasil backupnua dimana serta klo saya backup di komptr kantor lalu saya restore di laptop apakah bisa saya lanjut entri data lalu saya beckup lagi di laptop dan saya retore di pc kantor dan lanjut entri lagi sambung data entri berikutnya.trims pak atas bantuna infonya…

    • Aku gak tau yang ini neh. aku juga sama seperti pak zulham. aku hanya memposting yang sempat ku catata sewaktu pelatihan kemarin. coba hubu casemix pusat (mas kiki)

    • Dicky
    • April 14th, 2010

    pak..bagaimana cara upgrade fotware ina drg biar licencinya aktif

    • yuyus
    • April 20th, 2010

    pak komputer saya sudah pake MySQL ver5, kok gak bisa jalan ya, katanya kok servernya gak ketemu? gimana cara gabungnya XAMPP dengan MYSQL nya

    • langsung saja ke Mas Kiki ya……(sori…….)

    • Dimas
    • Mei 17th, 2010

    Pak, saya mau tanya. Kita dari RS pada saat pengajuan klaim ( Ctrl+sift+Q ) tempat rekap TXT ada 2 kolom, RJTL dan RITL. Kami peroleh saat pelatihan di Garden Palace. Tapi VI bilang ada 1 kolomg untuk TXT. Jadi harus update agar bisa masuk ke klaim INA DRG. bagaimana updatenya Pak? Terima kasih.

    • aduh….maaf ya……, langsung ke pak Kiki saja (Depkes) sori ya…..

    • ricky
    • Agustus 5th, 2010

    mohon petunjuk karena saya baru,setelah kita rekap data ke format txt.apa langkah selanjutnya supaya bisa ke rekap pengajuan klaim.mohon petunjuk nya karena tutorialnya membingungkan karena saya masih baru,kalo bisa berikan saya contoh tahapannya.
    terima kasih

    • Yudi
    • April 3rd, 2011

    Pak, bagaimana caranya jika RS yang belum teregistrasi untuk penggunaan INA DRG’s? mohon penjelasannya pak. terima kasih (coba untuk jelasnya gabung di facebook ini : http://www.facebook.com/#!/group.php?gid=120103121353334 InsyaAllah disana akan dapatkan semua jawabannya)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: