Ilmuwan Temukan 450 Planet Baru

Ternyata sejak tahun 1995 para ilmuwan telah melakukan penelitian terhadap alam semesta. Hasilnya, mereka

Ilustrasi 450 Planet Baru

menemukan sekira 450 planet baru yang terletak di luar tata surya.

Dari peneltian tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa ada planet yang sudah sangat tua, bahkan sampai ada yang mirip sekali dengan bumi. Ilmuwan menyebutkan primeval world, atau planet tertua yang usianya sekitar 12,7 miliar tahun.

Dilansir Space.com, Selasa (29/6/2010), para ilmuwan tersebut memperkirakan planet tersebut terbentuk sebelum bumi, dan hanya berbeda 2 miliar tahun dari kejadian Big Bang. Oleh ilmuwan, hal ini bisa diasumsikan bahwa kehidupan mungkin sudah terjadi lebih awal.

Sementara itu, ilmuwan tersebut meneliti planet 51 Pegasi B, yang mirip planet Jupiter. Sama seperti Jupiter, Bellerphon memiliki suhu permukaan yang sangat panas dan terletak pada gugus bintang Pegasus. Nama Bellerphon sendiri, menurut mitos Yunani, berarti pahlawan yang menjinakkan kuda bersayap Pegasus.

Sementara planet yang mirip dengan Bumi dikenal dengan nama Gliese 581 C. Akan tetapi, walaupun mempunyai kesamaan dengan bumi, ukuran planet tersebut separuh lebih besar dan lima kali lebih padat ketimbang bumi.

Hingga saat ini, para peneliti masih mendalami apakah ada kehidupan di planet yang sama dengan Bumi tersebut (okezone.com)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: