Wow! Foto Utuh Jagat Raya

Seperti apakah gambaran lengkap jagat raya kita? Teleskop Big Bang dari Planck Institute akhirnya berhasil memfoto utuh jagat raya.

Jagat Raya

Seperti dilansir laman news.com.au, Selasa (6/7/2010), teleskop berkemampuan super ini mulai mengirimkan gambar setelah menjelajah jutaan kilometer di angkasa lepas sejak akhir Mei 2010.

Teleskop ini dibangun selama 16 tahun dengan biaya US$ 1,04 miliar atau sekitar Rp 9 triliun. Lembaga antariksa Eropa (ESA) berharap foto ini bisa membantu ahli astronomi mengungkap misteri ledakan besar atau Big Bang.

Gambar utuh pertama ini menunjukkan galaksi Bima Sakti di bagian tengah serta Cosmis Microwave Background (CMB), radiasi yang diduga muncul setelah Big Bang sekitar 13,7 miliar tahun lalu.

“Planck telah melukiskan untuk kita gambar pertama yang spektakuler dari jagat raya,” kata direktur lembaga antariksa Inggris, David Parker.

David Clements dari Imperial College London, dan salah satu tim dari Planck mengatakan gambar ini memberikan pengetahuan baru mengenai struktur jagat raya. Para ilmuwan butuh waktu dua tahun untuk meneliti radiasi CMB ini.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: