Jahe Bisa Atasi Nyeri Otot

Nyeri Otot Bisa diatasi dengan jahe

KONSUMSI jahe harian bisa bertindak sebagai pereda nyeri. Sifat hangat jahe tidak terbatas pada perut. Sebab, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa jahe juga dapat menjadi pereda nyeri otot.

Jahe telah menjadi bahan favorit pengobatan China selama berabad-abad dan sering digunakan untuk mengobati perut mual. Namun sampai sekarang, para peneliti mengatakan, belum dipelajari secara luas manfaat jahe sebagai pereda nyeri.

Konsumsi harian suplemen jahe untuk nyeri otot

Studi yang dipublikasikan The Journal of Pain menunjukkan bahwa konsumsi jahe harian bisa meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh cedera otot selama olahraga. Demikian seperti dikutip dari Health24, Selasa (28/9/2010).

Dalam dua eksperimen terpisah, peneliti melihat efek dari dua gram jahe mentah dan jahe yang telah diolah dalam bentuk suplemen untuk mengobati nyeri otot akibat cedera olahraga pada 74 orang dewasa yang sehat. Para peserta melakukan berbagai jenis olahraga yang dirancang untuk bisa menyebabkan nyeri otot selama 11 hari. Selama itu pula, mereka diminta untuk mengonsumsi suplemen ataupun pil jahe.

“Konsumsi jahe mentah atau yang telah diolah (dalam bentuk suplemen atau pil) harian menghasilkan pengurangan moderat hingga sangat berarti pada nyeri otot akibat cedera olahraga,” tulis peneliti Christopher D. Black, dari departemen kinesiologi di Georgia College and State University di Milledgeville, dan rekan-rekan peneliti lain.

Jahe mentah atau olahan?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe mentah dan jahe olahan mengurangi nyeri otot masing-masing hingga 25 persen dan 23 persen. Para peneliti mengatakan, penelitian sebelumnya pada hewan telah menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat antiinflamasi, yang membantu menjelaskan efek menguntungkan jahe untuk meredakan nyeri otot.

Di sisi lain, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe olahan dapat meningkatkan dampak jahe terhadap nyeri, peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan jahe olahan tidak banyak berpengaruh pada efektifitas jahe sebagai pereda nyeri.(ftr) (okezone.com)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: