Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Seiring  meningkatnya kesejahteraan dan perubahan pola hidup maka perubahan dan beban juga akan di rasakan oleh beberapa organ vital tubuh kita. Salah satunya jantung. Ya jantung sebagai sebagai organ pemompa darah, pembawa nutrien dan zat lainnya. Tidak hanya mengikuti pola hidup kita, jantung juga perlu dilatih, dijaga agr tetep sehat agr mampu menjalankan tugas yang demikian berat.

Seperti dikutip detikhealth bahwa Untuk bisa mendapatkan umur panjang, jantung adalah salah satu organ yang mutlak harus dijaga kesehatannya. Gangguan jantung bisa sangat mematikan, oleh karena itu pencegahan menjadi langkah paling bijak untuk menghindari kematian mendadak akibat serangan jantung.

Holly Andersen, peneliti dari Ronald O Perelman Heart Institute di New York menjelaskan beberapa kebiasaan baik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar jantung terjaga kesehatannya. Mulai dari hal sepele seperti berjalan kaki hingga mengetahui angka-angka vital.

Dikutip dari Indiavision, Kamis (13/1/2011), berikut ini kebiasaan-kebiasaan baik yang dimaksud.

1. Ketahui angka-angka vital
Sebelum ada masalah dengan jantung, ada baiknya untuk mengetahui angka-angka penting yang merupakan indikator kesehatan jantung. Di antaranya adalah tekanan darah, denyut nadi, kadar lemak total, kolesterol dan trigliserida.

2. Berjalan kaki
Kesibukan dan aktivitas yang selalu padat jangan dijadikan alasan untuk tidak pernah berolahraga. Sesekali tinggalkan kendaraan pribadi lalu berjalan kaki menuju halte terdekat untuk naik angkutan umum ke kantor. Cukup dengan berjalan kaki selama 20-30 menit sehari, risiko kematian dini akibat serangan jantung bisa dikurangi hingga 50 persen.

3. Tertawa sesering mungkin
Kalaupun untuk sekedar berjalan kaki saja masih sulit untuk meluangkan waktu, cobalah untuk lebih sering tertawa. Bicara soal pembakaran kalori, tertawa terbahak-bahak selama 15 menit bisa disetarakan dengan aerobik selama 30 menit. Tertawa juga menekan pelepasan hormon stres kortisol, sehingga tekanan darah lebih terkendali.

4. Perhatikan lingkar pinggang
Kesalahan yang sering terjadi adalah orang terlalu mengkhawatirkan berat badan, padahal faktor risiko sindrom metabolik dan berbagai masalah jantung justru lebih banyak berhubungan dengan lingkar pinggang. Obesitas sentral atau perut buncit menandakan perlemakan hati yang menyebabkan kadar kolesterol sulit dikontrol.

5. Tidur yang cukup

Jantung Sehat_Perlu tidur yang cukup

Bergadang hingga larut malam tidak hanya membuat tubuh cepat merasa letih keesokan harinya. Kurang tidur juga bisa meningkatkan stres dan tekanan darah sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Kelihatannya sepele tapi istirahat yang cukup merupakan syarat penting yang harus dipenuhi jika ingin berumur panjang.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: