Efek Positif Ayah Habiskan Waktu Bersama Anak

Anak-anak membutuhkan ayah di sisi mereka untuk mengorganisir sebagian hidup mereka.

Bola_Efek positif kehadiran Ayah

Menjadi Ayah adalah pengalaman yang sangat istimewa. Sebab, pada dasarnya  mengurus dan mendidik anak bukan semata tanggung jawab ibu, tetapi juga harus dilakukan oleh ayah. Ayah bisa memainkan peran yang sangat penting bagi seorang anak. Para ayah sebaiknya mulai sering mendekatkan diri kepada anaknya agar terjalin kedekatan emosi dan komunikasi antara keduanya. Dekatkanlah diri dengan anak sebagai sahabat karib untuk melihat rute perjalanan hidupnya, baik di sekolah, maupun kegiatannya di luar rumah.
Semua kebersamaan ini akan memberikan efek yang positif bagi seorang anak. Sebagaimana dikutip dari vivanews bahwa dari penelitian terbaru, terungkap bahwa ayah bisa meningkatkan kemampuannya sebagai orang tua, dan menghapus label mereka sebagai ‘asisten orang tua’ dengan cara menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anaknya tanpa kehadiran ibu mereka.

Penelitian tersebut juga mendapati bahwa keluarga yang bersangkutan akan mendapatkan banyak manfaat jika ayah dan anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya bersama-sama.

“Anak-anak membutuhkan ayah di sisi mereka untuk mengorganisir sebagian hidup mereka,” kata Margot Prior, peneliti dari University of Melbourne, seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, 15 Februari 2011. “Padahal, kebiasaan kita adalah menyerahkan semua itu pada ibu,” ucapnya.

Untuk melakukan riset, peneliti melibatkan 110 keluarga di Melbourne yang memiliki anak berusia antara 3 hingga 12 tahun.

Ternyata, ayah yang menghabiskan waktu secara signifikan dengan anak-anaknya menyebutkan bahwa mereka merasa bahwa kesejahteraan anak-anak mereka meningkat. Di sisi ayah, mereka juga mengalami peningkatan rasa dibutuhkan dan menaikkan jabatan mereka dari ‘asisten orang tua’ menjadi orang tua, seperti jabatan para ibu.

“Bicara perawatan tunggal adalah bicara tentang interaksi,” kata Prior. “Ini adalah gagasan tentang bagaimana ayah bertanggungjawab untuk mengambil keputusan pada lebih banyak kesempatan,” ucapnya.

Sebelumnya, menurut survey yang dilakukan oleh Financial Services Council mengungkapkan, sebanyak 71 persen ayah di Australia menghabiskan waktu kurang dari empat jam per hari bersama anak-anaknya khusus untuk melakukan tugas mereka sebagai orang tua.

Sebagai perbandingan, hanya 43 persen ibu yang menghabiskan waktu kurang dari 4 jam per hari dengan anak-anaknya. Hasil temuan terbaru ini dipublikasikan di jurnal Early Child Development and Care.

 

sebab, pada dasarnya Mengurus dan mendidik anak bukan semata tanggung jawab ibu, tetapi juga harus dilakukan oleh ayah. Ayah bisa memainkan peran yang sangat penting bagi seorang anak. Para ayah sebaiknya mulai sering mendekatkan diri kepada anaknya agar terjalin kedekatan emosi dan komunikasi antara keduanya. Dekatkanlah diri dengan anak sebagai sahabat karib untuk melihat rute perjalanan hidupnya, baik di sekolah, maupun kegiatannya di luar rumah.

Hindari kebiasaan menguntit atau menginterogasinya, melainkan gunakan pendekatan kreatif dan ramah sehingga tak terkesan memata-matai. Jangan juga paksakan pendapat atau pola pikir ayah, apalagi jika ternyata bertentangan. Justru yang terpenting adalah memotivasi dan mendorong mereka untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

Semua kebersamaan ini akan memberikan efek yang positif bagi seorang anak. Sebagaimana dikutip dari vivanews bahwa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: