Antisipasi Flu Burung, RSUD Bima Kerahkan seluruh ‘Kekuatan’

Kit Flu Burung milik RSUD BimaMengantisipasi merebaknya flu burung di Bima, RSUD Bima sebagai salah satu RS rujukan Flu Burung, telah melakukan langkah-langkah antisipatif. Ketika pasien dugaan flu burung datang pertama kali, maka disamping petugas yang sudah ada, juga mengerahkan petugas tambahan. Nurma Mayasari, S.Kep. Ns, salah seorang supervisor keperawatan di RSUD Bima Selasa malam (6/3/12) menjelaskan kalau pihaknya telah menyiapkan berbagai skenario jika pasien bertambah. “Jika pasien bertambah, untuk sementara kita siapkan ruangan tersendiri di kelas II belakang VIP B”, ujarnya saat itu. Nurma juga merinci, apa yang harus dilakukan oleh petugas (perawat), agar prinsip kehati-hatian tetap dikedepankan. Sayangnya saat itu belum semua petugas dilengkapi pakaian khusus penangangan pasien flu burung. Esoknya (Rabu, 6/3/12), Jajaran manajemen, komite medik, komite keperawatan dan unsur terkait melakukan pembahasan lebih rinci penangangan flu burung.

Semua perlengkapan penanganan flu burung juga dikeluarkan, sayangnya, sebanyak 200 obat Tamiflu yang tersedia telah expirate date. Sehingga RSUD Bima melakukan koordinasi dengan Dikes Kabupaten Bima. Informasi terakhir, mengingat keterbatasan ruangan yang ada, pasien yang diduga flu burung ini akan di rawat di RS Persiapan Kabupaten Bima di Sondosia Bolo.

Satu hal dilematis yang diperlihatkan  petugas RSUD Bima, dengan segala keterbatasan peralatan pelindung diri, resiko yang diterima, dokter dan terutama perawat tetap merawat dan melayani pasien dengan baik.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: