Mau Jantung Tetap Sehat? Lakukan Hoby-Hoby Berikut !

Gaya hidup tidak hanya menyebabkan kurangnya motivasi, tetapi juga menciptakan ruang untuk stres dan penyakit gaya hidup lainnya seperti hipertensi, diabetes, kadar kolesterol meningkat dan serangan jantung. Untuk meredamnya, ada beberapa hobi yang bisa mengurangi stres dan menjaga jantung tetap sehat.

Stres tidak hanya dGambarapat menurunkan kesehatan mental tetapi juga kesehatan fisik. Orang yang sering stres lebih mungkin mengalami gangguan pada jantung.

Berikut beberapa kegiatan atau hobi yang dapat mengurangi stres sekaligus membuat jantung Anda tetap sehat, seperti dilansir onlymyhealth, Selasa (19/3/2012):

1. Traveling
Melakukan wisata bersama teman atau keluarga ke tempat-tempat baru adalah cara menyenangkan untuk membuat jantung tetap sehat. Bila dana yang tersedia hanya terbatas, tak perlu melakukan traveling jauh-jauh. Carilah tempat indah atau menarik yang ada di dekat rumah Anda.

2. Memasak
Mencoba-coba menu baru juga akan membantu menghilangkan stres Anda. Cobalah pilih menu sehat untuk keluarga, sehingga selain bisa mengurangi stres, Anda juga bisa menyediakan makanan sehat untuk keluarga.

3. Menari
Menari tidak hanya menyenangkan dan meredakan stres, tetapi juga membantu membakar kalori sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat tambahan untuk menurunkan berat badan.

4. Berkebun atau memelihara hewan
Merawat tanaman atau hewan adalah cara terbaik berikutnya untuk menjaga jantung tetap sehat dan bahagia. Hobi ini juga membuat Anda lebih bersantai dan membawa energi positif yang menenangkan saraf.

5. Melukis
Melukis ibarat menuangkan stres ke dalam kanvas dan menghasilkan lukisan yang indah. Ini akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman.

6. Mendengarkan musik atau bernyanyi
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat meredakan stres dan bermanfaat pada pasien penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah, denyut jantung dan kecemasan.

Sumber : detikhealth

  1. Maret 30th, 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: