Fenomena Alam Langka di Bulan Juni 2012

Waw…. di Bulan juni 2012 ini setidaknya ada 4 fenomena alam yang langka terjadi.

Jika pada 4 Juni lalu kita sudah menyaksikan gerhana bulan, maka pada bulan Juni ini juga kita masih akan disuguhi fenomena langka lainnya.

Konsep Gerhana VenusPertama Gerhana Planet Venus

Fenomena ini terjadi pada hari ini (6 Juni 2012). Fenomena tersebut adalah transit planet venus atau disebut juga gerhana planet venus. Fenomena langka ini biasanya terulang kembali sekitar 100 tahun ke depan.

Selama satu abad, transit venus hanya terjadi dalam dua pekan, di abad ini transit venus dapat diamati di tahun 2004 silam dan tahun 2012 ini.

Transit venus terjadi karena posisi matahari, venus dan bumi berada dalam satu garis lurus ditinjau dari semua arah, di mana venus berada di tengah-tengah. Hampir mirip dengan gerhana matahari hanya saja posisi bulan digantikan dengan planet venus.

Pengamatan transit venus pertama kali dilakukan oleh Astronom Persia yaitu Ibnu Sina pada 24 Mei 1032 Masehi menjelang terbenam matahari, kemudian disusun pengamatan pada 5 Desember 1639, 6 Juni 1761, 4 Juni 1769, 9 Desember 1874, 7 Desember 1882 dan terakhir 8 Juni 2004.

“Di Indonesia pengamatan transit venus dilakukan selama tiga kali dari delapan transit venus yang pernah diamati oleh manusia, dua kali dilakukan pada zaman Hindia Belanda pada tahun 1761 dan 1769 oleh Johann Mauritz Mohr, dan satu kali pengamatan pada tahun 2004 oleh para astronom dari observatorium Bosccha Bandung, Planetarium Jakarta dan Yogyakarta dan sejumlah titik pengamatan lainnya,” tulis laman kafeastronomi.com

Bagi dunia ilmu pengetahuan, transit venus sarat dengan nilai historis dan fungsi edukatif misalnya guna penentuan jarak sebenarnya antara bumi dan matahari.

Fenomena ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, mulai puku 05.09 wib hingga pukul 11.49 wib.

Secara kasat mata pada tanggal 6 Juni 2012 matahari mungkin tidak ada perbedaan dengan keadaan biasanya, namun bila menggunakan teleskop maupun binocular yang sudah dilengkapi filter matahari akan tampak bintik bulat di sekitar permukaan matahari. Itulah planet Venus.

Namun, pengamatan transit venus akan lebih optimal bilamana kita memiliki teleskop maupun binocular yang sudah dilapisi filter matahari. Diperkirakan transit venus baru akan terjadi pada tahun 2117

Kedua Segitiga Bulan, venus dan JupiterVenus, Bulan dan Jupiter (Senjan di Kota Bima, 26 Maret 2012)

Kejadian ini akan terjadi pada tanggal 18 Juni 2012. Dimana venus, Bulan dan Jupiter akan mebentuk formasi segitiga. Ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Fenomena ini akan terlihat menjelang fajar, sebelum matahari terbit. Sedikit lewat saja maka fenomena ini akan hilang karena cahaya matahari yang terang. Jadi waktu melihatnya sangat singkat.

Sekedar mengingatkan, pada Tanggal 26 Maret 2012 lalu, Venus, Bulan dan  Jupiter juga terlihat pada garis lurus.

 

Ketiga Segitiga Bulan, Mars dan Saturnus

Kejadian ini dapat diamati pada Tanggal 27 Juni 2012, planet bercincin atau saturnus akan tampil dengan Bulan dan Mars membentuk segitiga. Fenomena ini juga bisa dilihat dengan mata telanjang, mulai setelah matahari tenggelam hingga sekitar jam 23.00 wita.

  1. Subhanallah maha suci Allah, terima kasih banyak dengan artikel dan fotonya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: