Menunggu Blue Moon

Blue MoonBagi yang suka fotografi, menghasilkan  bulan menjadi berwarna biru tidaklah susah. Dengan pengaturan sana sini khsususnya pada White Balance nya maka bulan bisa menjadi berwarna biru.

Namun yang akan terjadi pada sabtu (1/9) pekan ini adalah fenomena alam nyata. Dimana akan terjadi perubahan warna bulan menjadi biru atau disebut Blue Moon.

Sebelumnya, pada Mei lalu warga di darataran Amerika Serikat dapat menikmati Partial Lunar Eclipse atau Strawberry Moon. Gerhana bulan yang terbelah berwarna kemerahan itu diperkirakan baru bakal terjadi lagi pada 26 April 2013 mendatang. Kini di awal September bulan bakal menampakkan sisi birunya.

Warna biru memang bukan artian sebenarnya. Bulan pada 1 September mendatang akan diselimuti banyak debu angkasa, saat itu bulan akan terlihat berwana biru jika dilihat dari bumi. Tidak hanya berwarna biru saja, orbit bumi tersebut juga diperkirakan akan tampil penuh atau purnama.

MSN melaporkan, beberapa pakar menyatakan peristiwa ‘Bulan Biru’ tidak dapat diprediksi waktu kemunculannya. Namun, para peneliti mencatat setiap 2,7 tahun sekali anomali antariksa ini akan selalu muncul dan menghiasi langit.

Bulan purnama berwarna biru ini akan muncul dan dapat dinikmati kembali pada bulan Juli 2015 mendatang. Terakhir kali Blue Moon muncul pada Desember 2009 lalu. Istilah Blue Moon pertama kali digunakan pada 1542 lampau dan dipakai hingga sekarang.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: