Gerhana Bulan 26 April 2013

Pada tanggal 26 April 2013 (jum’at dKota Bima_Gerhana Bulan 260413ini hari) sekitar pukul 04.07 wita terjadi gernaha bulan sebagian atau menurut penulis sangat tipis. seperti dijelaskan Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan sekaligus peneliti astronomi dan astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin, terjadi sebagian karena hanya 1,5% permukaan bulan yang sedang purnama.

Saking kecilnya permukaan Bulan purnama yang tertutupi, imbuhnya, masyarakat awam bisa jadi tak sadar sedang berlangsung gerhana bulan. Puncak gerhana Bulan ini pada pukul 03.07 WIB.

“Hanya di tepi piringan Bulan purnama saja, sedikit saja di tepinya. Piringan purnama itu tetap terlihat terang, sedikit hitam di tepinya, orang awam mungkin tidak sadar bila itu gerhana. Kalau bulan terlihat sabit itu 90 persen tertutupi, kalau ini hanya 1,5 persen,” jelas Thomas kepada news.detik.com.

hasil pantau penulis dari Lingkungan Permata Santi Kota Bima, pun demikian adanya. Sangat tipis. bahkan itu baru terlihat kala melakukan proses zooming pada foto bulan tersebut.

Berikut adalah foto gernaha bulan yang berhasil tertangkap D5100 plus kit 18-55.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: