Gerhana Matahari

Gerhana Matahari pada pukul 06.49 wita

Kota Bima_Gerhana Matahari

Setelah sebelumnya terjadi gerhana bulan (Jum’at, 26/4/13), Hari ini alam kembali menyuguhkan ‘atraksi’ nya. Atraksi atau fenomena ini adalah gerhana matahari. Gerhana matahari yang terjadi Jumat (10/5/2013) pagi ini, dapat disaksikan pada sebagian besar wilayah di Indonesia kecuali Sumatera Bagian utara.

Gerhana Matahari ini masih rangkaian fenomena alam dari gerhana Bulan pada 26 April 2013. Demikian dipaparkankan Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan sekaligus peneliti astronomi dan astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin seperti dikutip dari detik.com.

“Ini adalah saat Bulan, Matahari dan Bumi berada dalam kondisi satu garis. Saat Bulan purnama, Bumi menghalangi Matahari sehingga Bulan terlihat tergelapi walau sedikit. Nah, 2 minggu kemudian, Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga Matahari terhalang Bulan dan terlihat menghitam sebagian,” jelas Thomas.

“Fenomena kali ini adalah gerhana matahari cincin. Tapi gerhana matahari cincin hanya bisa dilihat di Pasifik. Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian.” jelasnya.

Pun demikian hasil pengamatan di Kota Bima. Hasil pengamatan hanya menampakkan gerhana matahari sebagian atau bulan menutup sebagian matahari, bukan gerhana matahari cincin. Tampak bagian sisi kanan bawah piringan Matahari “dimakan” Bulan. Matahari tampak seperti bulan sabit, tetapi lebih tebal. Secara bertahap gerhana matahari selesai sekitar pukul 07.35 wita.

Selanjutnya gerhana matahari akan kembali terjadi pada tanggal 3 November 2013. Sebagaimana dirilis BMKG bahwa Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya. Pada tahun 2013 ini telah diprediksikan terjadi 5 (lima) kali gerhana, yaitu 2 (dua) kali gerhana Matahari dan 3 (tiga) kali Gerhana Bulan

Sementara Gerhana Bulan sebagian akan terjadi pada 25 April 2013, Gerhana Bulan Panumbra terjadi tanggal 25 Mei 2013 dan tanggal 18-19 Oktober 2013.

Berikut, foto-foto hasil jepretan pengamatan itu dengan Nikon D5100 kit 18-55mm plus filter ND8. Sebagian nampak bayangan matahari sebagai pantulan cermin di depan sensor (mirror). (hasil pengamatan langsung yang benar adalah seperti tampak pada mirror itu, karena kurang tepat setting pengambilan gambar sehingga tidak tampak aslinya pada matahari-maklum masih belajar)

  1. Maret 7th, 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: