Akhirnya….. (dari PK-9 LPDP)

Luar biasa. Itu kata pertama yang harus aku tulis. Luar biasa untuk kegiatan PK, luar biasa untuk pesertanya, panitianya juga luar biasa untuk pembicaranya. Pokoknya kegiatan PK sungguh luar biasa. Berkunjung ke Suku Baduy, mengikuti bimbingan dari TNI AU di Halim PK, berdiskusi dengan Jusuf Kalla, Alfitto Deannova, Imam B. Prasodjo, Ahmad ‘Negeri 5 Menara’ Fuady, berkunjung ke GITC Garuda Indonesia serta bertemu langsung Presiden Sby adalah moment yang sangat berharga.

Kedua aku bersyukur banget bisa ikut PK ini. Oya, PK itu artinya Program Kepemimpinan. Kebetulan yang aku ikuti sudah angkatan ke-9. Diselenggarakan oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kemenkeu sebagai tahap seleksi terakhir calon penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia.

O ya lanjut, aku bersyukur karena bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh Indonesia. Mereka benar-benar luar biasa. Mereka adalah anak-anak muda (menyebut mereka anak muda soalnya diriku termasuk golongan yang sudah “berumur” diantara mereka. Selisihnya bisa 10-15 tahun). Mereka adalah orang-orang pilihan yang telah lolos seleksi administrasi bukan saja dari segi akademik namun juga kepemimpinan. Sehingga bisa dibayangkan ketika bertemu dalam suatu kelompok, semua energi positifnya disatukan. Sungguh dahsyat. Ide-ide kreatifnya terlahir spontan. Dan hasilnya tidak asal-asalan. Me…..mba….ngga….kan !

Sebelum bergabung saja aku sudah minder melihat daftar nama dan universitas tujuan mereka. Bertahap aku bisa pede juga, karena ternyata perasaan itu hampir semua dialami oleh yang lain dengan berbagai macam alasan atau pastinya sama dengan alasanku : akan bertemu dengan orang-orang hebat.

Sejak milis dibuka, diskusi dan perdebatan sudah berlangsung alot dan panjang. Kadang bikin gemes ; karena Ide dan usulannya briliant semua. Bingung milihnya. Bolak balik Vote. Tapi juga bikin ngakak; Sudah dibilang berkali-kali kalau “saya adalah Mbak. Cewek….. “, masih ada juga yang nyebut Mas. Sudah dibilang kalau “saya adalah mas, laki…. “, masih juga ada yang manggil mbak. Dan lain-lain, banyak deh.

Lalu tugas. Ada sekitar 12 tugas sebelum acara PK dimulai. Termasuk rentetan essay menjelang keberangkatan. Saat menulis essay inilah timbul kesadaran bahwa aku anak Indonesia, aku adalah bagian dari Indonesia masa depan. Aku harus berkontribusi untuk Indonesia. Untuk Indonesia emas 2045. Akhirnya, menurutku apa yang dilakukan oleh LPDP ini sungguh luar biasa. Beasiswa yang sebelumnya banyak dinikmati oleh teman-teman dosen/akademisi sekarang bisa menjangkau semua golongan dan profesi termasuk di birokrasi pusat maupun daerah khusunya daerah 3T (tertinggal, terluar dan terpencil). Standar kelulusannya tetap sama, hanya syarat penerimaannya dikurangi. Itu berlaku bagi yang afirmasi, termasuk diriku. Bagi yang afirmasi, TOEFL/IELTS/TPA boleh belum terpenuhi karena LPDP akan memberikan bimbingan persiapan agar TOEFL/IELTS/TPA maupun proposalnya lulus. Ini menurutku sangat bagus. Karena visi Indonesia emas adalah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Indonesia yang maju dan bermartabat bukan hanya milik golongan, suku atau pulau tertentu. Tapi seluruh Indonesia. Maka memberi kesempatan pendidikan kepada seluruh Indonesia ini merupakan modal dasar untuk membangun Indonesia masa depan yang menyeluruh.

Jika pada tahun 2013, terjaring sekitar 1500 peserta calon penerima beasiswa dari sekitar 25.000 pelamar, maka bisa dibayangkan dalam 5-10 tahun ke depan akan lahir para master dan doktor baru yang memiliki kesamaan visi untuk Indonesia Emas. Kesamaan visi, merasa ada dalam satu kelompok besar, merasa ada teman yang akan saling bahu membahu membangun Indonesia adalah oleh-oleh berharga dari kegiatan PK.

Kegiatan PK ini sungguh luar biasa. Terima kasih Tuhan sudah dipertemukan dengan orang-orang hebat ini. Aku jadi tertular semangadnya teman-teman yang lebih muda untuk terus berbuat, lagi dan lagi, sekecil apapun untuk daerahku, untuk Indonesia tercinta.

    • andy
    • Maret 17th, 2014

    Lpdp ini hanya utk PTN saja atw PTS jg dpt mengikuti?

    • Semua bisa mengikuti. PTN atau PTS. asal IP minimal 3. tapi untuk dosen, hanya utk dosen agama dan swasta. dosen negeri sdh ada alokasi beasiswa Dikti. terima kasih

    • Suryaningtyas
    • Agustus 14th, 2014

    Pak bolehkah saya meminta essay yang bapa buat?🙂 kiranya bapa berkenan mengirimkan ke ningtyas.surya@yahoo.com
    terima kasih banyak pak🙂

    • Okeh… chek email ya…

        • Syarif Husin
        • November 4th, 2014

        terima kasih pak, sudah mau berbagi tentang Beasiswa Afirmasi LPDP, saya sangat tertarik. Kalau memang Bapak tidak keberatan saya bisa dikirim Essay yang Bapak buat, mungkin bisa dijadikan bahan referensi. Ada yang masih mengganjal di benak saya, Apakah untuk jurusan yang diambil harus berhubungan dengan jurusan yg pernah diambil waktu S1. Terima kasih sebelumnya, atas jawabannya.

      • Ya… akan ku kirim. Maaf, telat banget aku balasnya…

    • Syarif Husin
    • November 4th, 2014

    alamat email saya husin.syarif77@gmail.com

    • natania
    • November 4th, 2014

    halo pak, bolehkah saya juga meminta essay yang bapak buat? apabila bapak berkenan dapat mengirimkan ke rsnbread@hotmail.com

  1. Februari 22nd, 2015

Tinggalkan Balasan

