Yang Ingin Saya Ceritakan

Tentang Beasiswa LPDP

Tujuan LPDP

Tujuan LPDP

Tanggal 18 Februari-1 Maret 2014 kemarin, saya mengikuti kegiatan Program Kepemimpinan (PK) angkatan ke-9 yang merupakan seleksi terakhir bagi calon penerima beasiswa pendidikan Indonesia (S2 & S3) dari LPDP (lembaga pengelola dana pendidikan). Dana pendidikan LPDP ini berasal dari dana abadi yang disisihkan dari 20 % anggaran pendidikan dalam APBN. Hasil investasi dana abadi inilah yang dipergunakan untuk biaya pendidikan dan lain-lain program LPDP. LPDP sendiri berada dibawah naungan tiga kementerian yaitu Kementrian Keuangan, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama Republik Indonesia. Saat ini total dana abadi LPDP lebih dari Rp.15 triliun.

Menjadi calon penerima beasiswa dari LPDP dengan mengikuti PK bagi saya merupakan suatu anugerah yang luar biasa besar. Saya bersyukur sekali bisa bergabung dengan teman-teman yang luar biasa dari seluruh nusantara dengan tujuan study hampir seluruh dunia. Dari Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumetara, Bali, Nusa Tenggara apalagi Jawa, semua ada. Dengan rata-rata umur < 30 tahun, para putra putri terbaik nusantara ini menyebar menuju  Australia, New Zealand, Timur tengah, Jepang, Korea, China, Eropa juga Amerika, ada. Apalagi menuju universitas dalam negeri. Bahkan untuk mereka yang mampu menembus universitas peringkat 50 besar  dunia akan mendapat tambahan insentif USD 5000 atau sekitar 60 juta/tahun. Mereka benar-benar anak muda terpilih yang bukan hanya berdasarkan nilai akademis, tapi juga secara kepemimpinan, kreatifitas dan mental. Pada saat kegiatan PK, visi mereka disatukan. Visi kebangsaan, visi menuju Indonesia emas 2045. (Ada juga Program  presidential scholarship (hanya sekali setahun, PK nya berlangsung 40 hari, hari pertama akan diberi kuliah umum oleh presiden dan setiap tanggal 18 Agustus akan dilepas kembali oleh presiden. Info detailnya disini).

Untuk mendukung itu, maka para narasumber yang memberi inspirasi dihadirkan. Narasumber ini antara lain Jusuf Kalla, Imam B. Prasodjo, Ahmad ‘negeri 5 menara’ Fuady, Gories ‘Asgar Muda’ Mustakim, Shofwan Al Banna, Prof. Nasikin bahkan bertemu dengan Presiden Sby. Kegiatannya juga tidak melulu di dalam kelas, tapi juga langsung meninjau lapangan. Berkunjung ke Suku Baduy Banten, mengikuti kegiatan di TNI AU, berkunjung ke salah satu BUMN (GITC garuda Indonesia) juga memberikan inspirasi akan budaya nusantara, cinta tanah air dan kreatifitas menyongsong masa depan. Kesan setelah ikut PK juga disini, atau yang ini.

Tidak heran, setelah mengikuti berbagai kegiatan tersebut, lahir kebersamaan, kekompakan, kekeluargaan, semangad satu visi untuk indonesia masa depan. Bahkan yang ‘senior’ secara umur seperti saya, ikut terbawa semangad ingin maju seperti mereka yang masih <30 tahun itu. Banyak yang kemudian tidak lagi berpikir individu misal langsung menetap di luar negeri begitu pendidikan selesai. Tapi mereka berjanji, berikrar, akan pulang untuk tanah airnya, akan bersama-sama, akan bersinergi membangun indonesia masa depan. Sanubari mereka seperti terhentak saat menyanyikan Indonesia Raya di TNI AU, hati mereka seperti tercabik melihat sebagian anak bangsa tidak mengerti tentang tanah airnya, tidak mau menggunakan mata uang negaranya bahkan bendera negara nya dijadikan alas dagangan di daerah perbatasan (menonton film “katanya tanah surga”). Sangat menginspirasi. Sangat menggugah perasaan sebagai anak bangsa. Sangat sejalan dengan tag line angkatan-9 ini yaitu : SATU CINTA UNTUK INDONESIA.

Saya menceritakan ini, karena saya ingin banyak lagi teman-teman saya terutama yang berasal dari daerah tertinggal, terpencil dan terluar (3T) dari negara ini mengambil kesempatan ini. Mengambil peluang memperoleh beasiswa dari LPDP ini. Beasiswa yang  tidak hanya bagi akademisi atau mereka yang di kota besar (punya akses tes TOEFL/TPA). Namun, beasiswa yang menjangkau seluruh masyarakat indonesia. Beasiswa yang full. Tidak saja biaya pendidikan, namun juga biaya lain yang berhubungan dengan study/selama study. Termasuk biaya bagi keluarga yang ikut menemani study (maksimal 2 orang setelah 6 bulan). Dibiayai oleh negara sendiri. Bahkan tahun ini juga untuk pendidikan dokter spesialis (tertentu). Demikian juga untuk dosen, tidak lagi bergantung dengan beasiswa BPPDN/LN dari Dikti.

Khusus yang berasal dari daerah 3T, ada kemudahan lain yang diperoleh yaitu syarat TOEFL/TPA bisa dipenuhi kemudian. Bahkan bagi yang berasal dari 3T (Afirmasi) ini akan dibimbing untuk kemampuan bahasa asing, pengetahuan dasar, proposal bahkan sampai mengisi aplikasi pendaftaran online maksimal selama 12 bulan (jika sudah lulus/mendapat LoA, tidak perlu mengikuti kegiatan persiapan ini). Peserta afirmasi dibuktikan dengan ijazah mulai dari SD, SMP dan SMA di daerah 3T. Panduan lengkap beasiswa afirmasi bisa download disini, sedangkan formulir pendaftaran, daftar universitas dll nya bisa download disni.

Yang sudah terlanjur mengikuti pendidikan, juga bisa memperoleh biaya tesis dan disertasi. Kalau ini tidak perlu mengikuti PK. Maksimal 25 juta untuk tesis dan 75 juta untuk disertasi.

Pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online atau dikirim via email. Bila syarat administrasi lolos maka akan dipanggil untuk wawancara. Lolos wawancara baru dipanggil mengikuti kegiatan PK. Yang jelas, IP minimal 3, punya riwayat kepemimpinan dalam organisasi intra sekolah/kampus atau di masyarakat seperti OSIS, karang taruna, remaja masjid, dll.

Maka, jangan buang waktu. Segera buka ijazah dan siapkan lain-lain berkasnya untuk mengambil kesempatan beasiswa ini. Pendaftaran dilakukan sepanjang tahun. Hanya seleksinya dilakukan 4 kali dalam setahun (Maret, Juni, September dan Desember). Tidak ada persaingan antar pserta. Siapapun yang memenuhi kriteria akan lolos. Artinya tidak ada batasan berapa yang akan diambil.

Ayo putra putri terbaik bangsa…. ambil kesempatan ini…. !!! silakan langsung ke situs Beasiswa LPDP ini…

 

  1. Mei 17th, 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: