Mahasiswa Bima di Yogya

Pusmaja_2015_11Mahasiswa dari Bima, baik Kabupaten maupun Kota Bima sebenarnya sangat banyak yang menempuh pendidikan di Yogyakarta. Hal ini sudah berlangsung lama. Ribuan mahasiswa Bima ini menyebar hampir disemua Universitas yang ada di Yogyakarta. Mulai dari D3 hingga S3. Bahkan yang berasal dari satu desa/kampung bisa lebih 15 orang.

Di Yogyakarta, disamping memiliki asrama yang disediakan oleh pemerintah daerah, mahasiswa Bima menyebar di kost, kontrakan maupun asrama kampus yang ada di Yogyakarta. Sebulan sekali biasanya ada pertemuan silaturahim dengan para sesepuh/tokoh masyarakat Bima yang ada di Yogyakarta. Atau secara insidentil mengadakan pertemuan menurut kelompok masing-masing. Misalnya Keluarga Mahasiswa Bima-Kepma, Perkumpulan Mahasiswa Pasca Sarjana-Pusmaja, perkumpulan yang kost dekat UGM, UNY-Sunmor, perkumpulan menurut daerah/kecamatan/desa asal dari Bima, missal mahasiswa Sape, Wera, Ncera, Donggo, Bolo, Woha, dll. Nama perkumpulannya juga macama-macam : IPMLY (Lambu), POWER (Wera), FORMAL (Langgudu), FIMNY (Ncera), FORKASY (Sila), HMNY (Ngali), HIMAWI (Ambalawi), Rimpu, Perkasa, IPMT (Tambora), PM KOBI (Kota Bima), Naga Nuri (Sape), Samada Angi atau IKPMD (Dompu), dll.

Mengingat jumlahnya yang begitu banyak sudah pasti tidak semua saling mengenal. Dengan bahasa Bima, akan menjadi penanda khas kalau itu dari Bima. Tapi terkadang pertemuan bisa terjadi dengan tanpa disengaja oleh banyak situasi. Om Hendra yang dulu sama-sama di PMI Bima malah ketemu di Pusmaja, Om Dedy malah ketemu saat saya dan dia sebagai panitia dan peserta seminar. Didi yang ketemu di Keraton, teman, adinda dari Pane di ATM, banyak lagi, misal Syahruman yang biasanya sendirian saja makan di SS ternyata dari Bima. Atau beberapa yang dengan logat khasnya bertemu di Sunmor, di kampus atau lainnya. Terakhir saat ke Jembatan Sungai babarsari (081114), ternyata ada dua regu / grup mahasiswa Bima yang sedang berpesata Ayam Bakar di sana. Satu grup dari Desa Ncera Kabupaten Bima, satu lagi gabungan. Menyenangkan, bisa berjumpa dengan sesama dari daerah. Sama-sama semangat untuk belajar di negeri Ngayogyakarta ini…

Foto salah satu kegiatan Pusmaja juga disini

Inilah sebagian potret mereka…. Yg ingin fotonya gabung disini silakan kirim fotonya di grup Fb atau wa Pusmaja-Kepma

    • Dedi Iskandar
    • Oktober 6th, 2014

    Semua terjadi bukan secara kebetulan.
    dengan adanya perkumpulan dari masing-masing daerah diharapkan mampu memupuk tali silaturahmi antara satu dengan yang lain.

    • Setuju….
      terima kasih sudah mampir Om Dedy….🙂 (Y)

  1. trimaksih bang atas jepret2 nya,,,,,,,,roh kebimaan sllu kita bawa dimanapun kita berada………..

  2. keren … makasih bang … foto weki sape ada di atas … hehe ..

  3. mantaap mantap seru bangat

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: