Jokowi ke Bima

Peresmian Pasar AmahamiJumat (29/4/16) siang ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung ke daerah Bima. Ini adalah kali kedua Jokowi berkunjung ke daerah Bima. Jika tahun lalu Jokowi datang untuk menghadiri puncak perayaan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora. Kali ini Jokowi akan melakukan peresmian pasar Amahami Kota Bima.

Informasi kedatangan Jokowi ke Bima terbilang mendadak. Maka segala persiapan pun dilakukan dengan mendadak dan segera melibatkan berbagai pihak terkait. Kontan saja dalam beberapa hari wajah Kota Bima khususnya daerah yang akan dikunjungi dipermak sedemikian rupa. Ibaratnya adakadabra, sim salabim, jreng….. jadiiiiii BERSIH. Mengkilat. Sampai-sampai ada spanduk : “Selamat datang Bpk. Presiden. Seringlah ke Bima agar Kota kami bersih”.

Ada-ada saja.

Apapun itu, kedatangan seorang presiden tetaplah merupakan suatu kehormatan bagi daerah. Sangat jarang presiden mengunjungi satu daerah. Meskipun semua presiden dengan nama-nama besar pernah ke Bima, namun kehadiran Jokowi diharapkan membawa “berkah” bagi Dana Mbojo. Bahkan Walikota Bima mengatakan inilah kali pertama seorang presiden berkunjung ke Kota Bima selama 8 tahun kepemimpinannya.

Berbagai komentar dari warga Bima bermunculan di media social. Mulai dari senang, bangga hingga harapan. “Selamat datang pak presiden, hadir mu setidak nya bukan hanya mendorong percepatan finalisasi pasar modern bagi kaum papa, namun juga harus mampu memacu kreatifitas pemimpin daerah ini tuk melahirkan kebijakan yang mengangkat dan memberdayakan rakyat” tulis Taman Firdaus dalam akun facebook nya. Ada juga harapan agar usai jumatan di Talabiu Jokowi mengetahui tentang progress pembangunan kantor Bupati Bima yang tidak jauh dari Talabiu tersebut.  “Andai saja sehabis sholat jumat itu berhenti sebentar di halaman masjid…sambil presiden disuguhi dokumentasi rencana pembangunan kantor bupati dan yang lainnya. Para menteri tentu siap menerima pemerintah presiden…bantu Bab. Bima ya !! Seandainya saja bisa begitu”, ungkap Zainal Arifin dalam akun facebook nya juga. Lain lagi yang di tulis akun Hadi santoso. Dia malah mengajak untuk tidur siang saat presiden datang.  “AYOO, Sambut JOKOWI dengan Bobo’ siang”, tulisnya. Hadi beralasan karena saat Jokowi datang itulah situasi di Bima paling aman. “Asli aman…jd kt enak tidur krn ada “security” GRATIS untuk hari ini. Kalau d hari lain, keamanan itu MAHALLLL…”, bebernya.

Sedangkan akun Nunung Sukarno menuliskan suka citanya menyambut kedatangan Jokowi. “MR.Jokowi my choice…mr.Jokowi my right..Jokowi tetap dicinta ..biar beda ahayyy…Saya besok terdepan deh…mau nyambut Pak presiden”, tulisnya.

Tercatat Jokowi bukanlah satu-satunya presiden yang pernah berkunjung ke Bima. Soekarno bahkan sampai 2 kali ke Bima. Yaitu tahun 1933 yang tempat tidurnya di lantai dua istana Kesultanan Bima masih ada hingga kini dan kedua pada tanggal 5 November 1950. Presiden Soeharto juga pernah ke Bima pada tahun 1982 untuk melakukan panen raya pagi gogo rancah. Lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Bima Tanggal 5 April 2006 untuk meresmikan Dam Pelaperado.

 

Presiden Jokowi sampai di Bima sekitar pukul 12.00 wita. Jokowi disambut Oleh Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi. Kemudian menunaikan ibadah solat Jumat di Masjid Al Hidayah Desa Talabiu Kabupaten Bima. Usai sholat jumat, warga antusias berebut untuk menyalami Jokowi. Selanjutnya menuju Kota Bima untuk meresmikan Pasar Raya Amahami di Kota Bima. Saat meresmikan Pasar Amahami, Jokowi meminta kepada para pedagang untung menjaga kebersihan dan ketertiban pasar. Jokowi juga meminta kepada menteri perdagangan untuk menambah los-los pasar agar 500 pedagang yang masih berada diluar bias tertampung. Bahkan mengutip antaranews Jokowi akan kembali ke Bima tahun depan.

 

Usai kunjungan di Bima, Presiden rencananya melanjutkan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua, untuk meresmikan dimulainya pertandingan Indonesia Soccer Championship 2016 di Stadion Mandala, Jayapura, Provinsi Papua.

 

Ikut dalam rombongan presiden adalah sejumlah pejabat negara yang seperti Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan Staf Khusus Presiden Johan Budi. Presiden direncanakan kembali ke Jakarta pada Sabtu (30/4) petang.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: