Kota Bima Banjir, Bantuan Datang dari Segala Penjuru

yogya-galang-dana-untuk-bima_016Banjir besar telah menerjang Kota dan Kabupaten Bima yang mengakibatkan banyak kerugian materil maupun moril bahkan korban jiwa. Banjir tanggal 21 dan 23 Desember 2016 tersebut telah melumpuhkan kota Bima. Meskipun aliran listrik dan jaringan telpon putus lebih 24 jam di banjir pertama dan hamper 24 jam di banjir kedua, informasi tentang banjir Bima tetap mengalir melalui media online terutama social media. Putusnya jaringan komunkasi dan listrik bisa jadi alasan kenapa berita tentang banjir Bima dihari-hari awal nampak kurang terekspose oleh media nasional.

Namun, berkat informasi dan berita dari berbagai media online terutama social media telah dengan serentak menggugah simpati dari berbagai lapisan masyarakat. Bukan saja bagi masyarakat Bima perantauan namun juga berbagai elemen masyarakat. Secara spontan muncul gerakan “Save Bima, Pray for Bima”, dll yang jika hari itu tidak berbarengan dengan heboh #omteloletom, #saveBima atau #PrayforBima bisa menjadi trending topik nasional. Gerakan itu pula yang telah menggerakkan banyak lapisan masyarakat untuk action nyata. Masyarakat Kabupaten Bima dan Dompu berbondong-bondong menuju Kota Bima untuk memberikan bantuan pasca banjir hari pertama. Saat mereka datang di hari kedua pasca banjir pertama, sebagian mereka malah terjebak banjir kedua di Kota Bima. Masyarakat Bima di luar Bima Dompu, Sumbawa langsung menyuarakan bantaun/donasi untuk Bima. Para mahasiswa Bima di berbagai kota turn ke jalan. Elemen mahasiswa lain seperti HMI dll turut turun ke jalan. Sebagian warga Bima menerima donasi/bantuan dengan caranya masing-masing. Semuanya untuk Bima. Makin tersiarnya berita dan gambar banjir Bima membuat makin banyak masyarakat Indonesia dan berbagai elemen memberikan uluran tangan.

Terima kasih. Terima kasih Dompu, terima kasih Sumbawa,  terima kasih Lombok, terima kasih NTB, terima kasih Jabar, terima kasih Bali, terima kasih Jatim, terima kasih Jateng, , Terima kasih Jakarta, Terima kasih Yogya, terima kasih UI, terima kasih UGM, Unram, Unud, terima kasih Kaltim, terima kasih Manggarai, Terima kasih Papua, terima kasih  TNI, Polri/Kapolri, terima kasih  JNE, Kantor Pos, Garda Express, terima kasih Rumah Zakat, terima kasih Dompet Dhuafa, BSMI, MedAN, IDAI, IDI, PPNI, Terima kasih FK UGM, S3 FK UGM, PKMK FK UGM, terima kasih adik-adik KEPMA Yogya dan semua organisasi mahasiswa-masyarakat Bima di perantauan. Terima kasih kepada semua yang telah meberikan doa, empati dan dukungan moril maupun materinya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: